PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA WISATA AIK BERIK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Mahdi Ramdani, Karsam Karsam Karsam, Siswo Martono Martono

Abstract


Desa wisata Aik Berik adalah desa yang berada di pulau Lombok tepatnya di Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Memiliki beragam wisata seperti Air Terjun, Gunung Rinjani, dan Ekowisata desa Aik Berik mampu memanjakan para wisatawan yang berkunjung. Untuk memperkenalkan desa wisata Aik Berik kepada wisatawan domestik dan mancanegara dibutuhkan Destination Branding yang dapat mengenalkan image atau citra desa kepada masyarakat. Masyarakat saat ini khususunya Indonesia dan luar Negri mengenal wisata di pulau Lombok hanya Sebagian kecil saja seperti pantai Senggigi, pantai Kute Mandalika, Gili Trawangan, dan gunung Rinjani sehingga wisatawan dewasa muda usia 18-40 tahun tidak banyak mengenal desa wisata lain yang berpotensi di pulau Lombok. Maka, pencapaian hasil penelitian adalah merancang Destination Branding Desa wisata Aik Berik untuk meningkatkan brand Awareness. Dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, perancangan Destination Branding ini mengambil konsep yang sederhana dengan memperlihatakan keindahan, kealamian, dan kedamaian. Brand Identity berupa logo Desa wisata Aik Berik yang telah dirancang akan diimplementasikan pada stationary range seperti, amplop, kop surat, kartu nama, map, dan lanyard serta di implementasikan pada media pendukung seperti brosur, xbanner, umbul-umbul sosial media, kaos, tote bag, keychain, tumbler, dan mug

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id