PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF TENTANG GANGGUAN MATA SEBAGAI SARANA EDUKASI KEPADA ANAK USIA 5 – 12 TAHUN
Authors
Andi Setyawinata Setyawinata
Universitas Dinamika
Florens Debora Patricia
Universitas Dinamika
Siswo Martono Martono
Universitas Dinamika
Abstract
Kesehatan mata sangat penting sebagai salah satu faktor penunjang prestasi anak dan jika tidak dicegah atau diperiksakan juga akan dapat mengakibatkan kebutaan. Kesehatan mata pada anak butuh perhatian khusus dan perlu dijaga sedini mungkin. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya, angka gangguan penglihatan refraksi anak pada 3 tahun terakhir (2017 – 2019) terjadi peningkatan setiap tahunnya. Kemajuan teknologi mejadi salah satu penyebab timbulnya penyakit mata yang dinamakan refraksi. Refraksi adalah suatu kondisi dimana penderita diharuskan menggunakan kacamata sebagai alat bantu untuk melihat. Gangguan mata tersebut memiliki perbedaan dari segi pemicu maupun pengobatannya. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat perancangan media pembelajaran mengenai 3 jenis gangguan mata miopi, hipermetropi dan astigmatisme untuk anak usia 5-12 tahun. Hasil penelitian berupa buku interaktif mengenai gangguan mata ini ditujukan untuk anak usia 5-12 tahun sebagai sarana edukasi.
Author Biographies
Andi Setyawinata Setyawinata, Universitas Dinamika