PERANCANGAN BUKU AKTIFITAS ANAK DENGAN TEKNIK DIGITAL PAINTING SEBAGAI MEDIA BELAJAR ANAK DISLEKSIA USIA 6 – 9 TAHUN

Achmad Bustanul Arifin, Siswo Martono Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Disleksia merupakan gejala gangguan fisik seseorang yang sulit untuk belajar membaca sehingga kurang dapat berkomunikasi dengan lancar dan kurang percaya diri terhadap lingkungan sosial sekitar. Kegiatan membaca adalah hal yang penting bagi manusia untuk mempelajari dan menemukan suatu hal yang belum pernah dibayangkan serta menumbuh rasa ingin tahu yang luar biasa termasuk cara berkomunikasi. Anak disleksia memiliki sifat yang berbeda dari anak normal, mereka cenderung hiperaktif dan mudah berimajinasi dengan media belajar bergambar secara pribadi akan tetapi mereka kurang fokus dalam belajar dan bersosialisasi, dan suka menyendiri. Namun adapun masyarakat belum menyadari bagaimana mendidik dan curi perhatian anak disleksia dengan benar karena mereka gampang sensitif terhadap perlakuan yang mengacu emosi tinggi dan dicap sebagai anak pemalas atau bodoh meskipun anak penyandang disleksia berusaha sebisa mungkin menangkap pelajaran yang diambil karena gangguan keterlambatan mengidentifikasi kata. Kurangnya perhatian dan dukungan secara maksimal dari orang tua dan guru mengakibatkan proses belajar anak disleksia terhambat dan akan tertinggal tumbuh kembangnya. Dari permasalahan ini dapat dihimbau bahwa para orang tua dan guru pengajar perlu memberi kebutuhan khusus sesuai apa yang disukai dan suasana yang nyaman untuk proses belajar mengajar anak disleksia serta menunjang aktivitas yang bermanfaat pada waktu anak disleksia mau belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang buku aktivitas anak dengan teknik digital painting sebagai media belajar disleksia usia 6 – 9 tahun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id