PENGEMBANGAN KEMASAN PANCI TEFLON “UD. JAYA MANDIRI” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA

Imam Arief Suro Bagos, Hardman Budiardjo, Ixsora Gupita Cinantya

Abstract


UD. Jaya Mandiri merupakan sebuah perusahaan importir dan pembuatan alat-alat memasak yang berada di daerah Jombang sejak tahun 2010 silam. Munculnya kompetitor membuat UD. Jaya Mandiri harus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas layanan dan produknya yang dijual. Perusahaan juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk membentuk sebuah identitas yang kuat pada desain kemasan. Dengan adanya identitas yang kuat tersebut, sebuah perusahaan akan menjadi lebih dikenal oleh konsumen. Tujuan dari pengembangan kemasan panci teflon UD Jaya Mandiri adalah untuk menghasilkan desain kemasan dan desain visual kemasan yang baru. Pengembangan dilaksanakan dengan metode penelitian kualitatif secara deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan studi kompetitor untuk mendapatkan data untuk pengembangan desain kemasan panci teflon. Analisis data dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Setelah menganalisa data, ditemukan sebuah kata kunci “Luxury” untuk pengembangan desain kemasan. Arti dari “Luxury” adalah mewah / kemewahan. Konsep “Luxury” dalam pengembangan desain kemasan ini bermakna sesuatu yang sangat memuaskan selera dan apapun yang menyenangkan indera. Hasil dari pengembangan desain kemasan ini adalah untuk meningkatkan citra dari suatu kemasan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id