PENENTUAN HARGA POKOK JASA KAMAR RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT FA MEDIKA

Elzha Octa Marseto, Arifin Puji Widodo, Tony Soebidjono

Abstract


Rumah sakit FA Medika merupakan rumah sakit swasta. Memiliki 8 unit pelayanan, salah satunya adalah pelayanan jasa rawat inap. Harga pokok kamar rawat  inap dihitung secara general, yang dimaksud general adalah bahwa pendapatan dan biaya tidak dipisahkan berdasarkan kelas, namun dijadikan satu sebagai pendapatan dan biaya rawat inap. Laporan laba/rugi kamar rawat inap yang dibuat oleh rumah sakit FA Medika juga bersifat general, belum terdapat rincian pendapatan setiap kelas kamar. Hal tersebut mengakibatkan pihak manajer tidak dapat mengetahui harga pokok sesungguhnya setiap kelas kamar dan kontribusi laba yang dihasilkan setiap kelas kamar dalam satu periode. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui biaya produk langsung dan biaya produk tidak langsung yang terlibat dalam jasa kamar rawat inap, dapat mengetahui harga pokok kamar rawat  inap per periode, dapat mengetahui harga pokok kamar rawat  inap per hari, serta dapat mengetahui laporan laba rugi jasa kamar rawat inap per periode..

Solusi yang dilakukan peneliti dalam masalah yang telah dijelaskan adalah Perhitungan harga pokok kamar rawat inap. Penelitian ini menggunakan metode fullcosting. Metode fullcosting yaitu metode penentuan harga pokok produk yang memperhitungkan semua unsur biaya produk ke dalam harga pokok produk. Dengan perhitungan harga pokok jasa kamar rawat inap,  peneliti telah menentukan harga pokok jasa kamar rawat inap pada setiap kelas per periode, dengan memperhitungkan seluruh komponen biaya langsung dan tidak langsung, baik yang bersifat variabel maupun tetap, peneliti juga dapat menentukan harga pokok jasa kamar rawat inap per hari dengan cara memperhitungkan harga pokok jasa kamar rawat inap per periode dibagi dengan volume penjualan kamar rawat inap.

Output atau luaran dari penelitian ini adalah telah mengetahui komponen biaya produk langsung dan biaya produk tidak langsung terkait dengan jasa kamar rawat inap. Terdapat 13 biaya langsung dan 5  komponen biaya tidak langsung. Selain itu, terdapat laporan harga pokok jasa kamar rawat inap per periode setiap kelas kamar, yaitu kamar kelas III, kelas II, kelas I, dan VIP dan harga pokok per hari setiap kelas kamar, yaitu kamar kelas III, kelas II, kelas I, dan VIP. Kemudian terdapat laporan laba rugi jasa kamar inap per periode setiap kelas kamar, yaitu kamar kelas III, kelas II, kelas I, dan VIP.

 

Kata Kunci : Harga Pokok Jasa, Kamar Rawat Inap, Fullcosting, Rumah Sakit FA Medika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.