Rancang Bangun Alpikasi Rekam Medis Berbasis Web pada Klinik Rumah Safa Surabaya

Handika Setiawan, Henry Bambang Setyawan, Vivine Nurcahyawati

Abstract


Klinik Rumah Safa Surabaya merupakan klinik yang beralamat di Jalan Gayungsari Barat XI/GC-01 Surabaya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2011 tentang Klinik bahwa pimpinan klinik adalah seorang dokter atau dokter gigi. Klinik Rumah Safa memiliki 5 jenis poli, diantaranya poli umum, poli mata, poli gigi anak, poli gigi dewasa dan rehabilitasi medik. Saat ini pihak Klinik mengalami beberapa kendala dalam pengelolaan data pasien. Hal itu disebabkan karena dalam pengelolaan data pasien seperti pencarian, pencatatan dan pemberian data pasien masih dilakukan secara manual. Hal tersebut menyebabkan banyak waktu yang terbuang, terjadi antrian yang cukup mengganggu pasien, selain itu kehilangan data pasien juga terjadi dikarenakan data hanya di letakkan dalam sebuah kotak. Untuk pembuatan laporan ini juga sangat lambat karena harus mengumpulkan dulu data-data dari rekam medik.

Berdasarkan masalah ini, maka solusi yang dibuat adalah merancang dan membangun aplikasi yang dapat membantu pengelolaan data pasien Klinik Rumah Safa Surabaya. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan antrian yang mengganggu bisa tidak terjadi lagi. Serta memudahkan dalam pengelolaan data pasien dan pembuatan laporan.

Hasil dari uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat memberikan kemudahan dalam proses pengolahan data yaitu pada tahap pendaftaran, penyimpanan dan laporan yang dihasilkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.