Analisis Kesuksesan Dengan Penerapan Model DeLone & McLean Pada Website Pusat Pelayanan Tugas Akhir (PPTA) Universitas Dinamika

Ardhany Nur Ervannudin, Sulistiowati Sulistiowati Sulistiowati, Sri Suhandiah Suhandiah

Abstract


Universitas Dinamika (Undika) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya, saat ini memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI), Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB), dan Fakultas Desain & Industri Kreatif (FDIK). Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) memiliki 3 macam program studi yaitu S1 Sistem Informasi (SI), S1 Teknik Komputer (TK), dan D3 Sistem Informasi (SI). Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) memiliki 3 macam program studi yaitu, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan D3 Administrasi Perkantoran. Sedangkan Fakultas Desain & Industri Kreatif (FDIK) memiliki 3 macam program studi juga yaitu, S1 Desain Komunikasi Visual (DKV), S1 Desain Produk (DP), serta D4 Produksi Film dan Televisi (PFT). Untuk pelayanan kepada mahasiswa, Universitas Dinamika memiliki banyak bagian atau unit kerja. Salah satu bagian tersebut adalah Pusat Pelayanan Tugas Akhir (PPTA). Permasalahannya sampai saat ini website PPTA belum pernah dilakukan evaluasi. Permasalahan lainnya berdasarkan hasil penyebaran kuisioner pada 20 orang responden ditemukan bahwa 40% responden kesulitan untuk mendapatkan informasi TA, 35% responden merasa website PPTA masih belum terupdate, 40% responden merasa website PPTA belum bisa mendukung pengerjaan TA mahasiswa, 45% responden enggan untuk mengajak teman-temannya menggunakan website PPTA. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas sistem dan kualitas layanan harus ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan penggunaan. Berdasarkan analisis deskriptif dalam variabel kualitas sistem indikator yang sebaiknya ditingkatkan adalah waktu merespon (response time) dan fleksibilitas sistem. Dalam variabel kualitas layanan yang sebaiknya ditingkatkan adalah jaminan sistem terhadap pengguna website. Dari hasil peningkatan kualitas sistem dan kualitas layanan maka hasil yang diharapkan adalah peningkatan jumlah pengunjung website PPTA yang akan berguna untuk mempermudah mahasiswa yang akan mengerjakan TA.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.