RANCANG BANGUN WEBSITE E-COMMERCE DENGAN STRATEGI PEMASARAN CROSS SELLING MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES PADA WINING HOUSE STORE

Bambang Haryo Dwi Cahya Wahyono, Endra Rahmawati, Henry Bambang Setyawan

Abstract


Wining House, sebuah toko kecantikan di daerah Kecamatan Dalung, Kabupaten Badung, Provinsi Bali yang didirikan dan dikelola oleh Winda sejak tahun 2018. Wining House memiliki sekitar 50 jenis produk kecantikan yang terdiri dari brand terpercaya dan bersertifikat. Wining House juga menjual sekitar 100 jenis fashion accessories yang berasal dari produk lokal hingga barang-barang import dengan kualitas tinggi. Harga dari produk yang dijual oleh pihak Wining House juga sangat ramah di kantong. Untuk produk kategori accessories & fashion goods  harganya berkisar mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 500.000,-, sementara untuk kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh harganya berkisar mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 1.500.000,-.

Saat ini Wining House memiliki 2 cara dalam memasarkan produk yang dijual, yaitu dengan cara pelanggan datang langsung ke toko dan menghubungi toko via dm instagram. Namun, cara tersebut meski terlihat sangat sederhana dan mudah dipahami ternyata masih memiliki beberapa kelemahan, yaitu proses transaksi hanya akan berlangsung apabila pihak admin dari Wining House Store membalas direct message dari para customer, model promosi untuk penjualan produk accessories dan produk kecantikan milik pihak Wining House Store hanya akan terbatas di Instagram saja.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah aplikasi yang dapat menampilkan daftar barang-barang cross selling untuk memberikan penawaran barang penunjang kepada pelanggan dan menyediakan notifikasinya di halaman utama peminatan untuk memberikan pelanggan catalog yang berisikan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ingin berbelanja pada sistem, dan menampilkan dashboard untuk user pemilik yang menampilkan grafik jumlah penjualan, jumlah penjualan per kategori barang.

Berdasarkan dengan hasil uji coba aplikasi bersama dengan Windania Trisna selaku owner  Wining House, admin Wining House, dan pelanggan Wining House maka aplikasi tersebut dapat menampilkan daftar barang-barang cross selling untuk memberikan penawaran barang penunjang kepada pelanggan dan menyediakan notifikasinya di halaman utama peminatan untuk memberikan pelanggan catalog yang berisikan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ingin berbelanja pada sistem, aplikasi menampilkan dashboard untuk user pemilik yang menampilkan grafik jumlah penjualan, jumlah penjualan per kategori barang.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.