ANALISIS DAN PERANCANGAN USER INTERFACE/USER EXPERIENCE WEBSITE LAYANAN TRANSPORTASI PADA YAKURIR MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND

Muhsin Habib, Anjik Sukmaaji, Dewiyani Sunarto

Abstract


Yakurir adalah sebuah usaha pengiriman barang khususnya makanan yang ada di kota Probolinggo. Meskipun usaha Yakurir ini tetap berjalan akan tetapi terdapat permasalahan sistem yang bila tidak ditangani secara serius akan berakibat berkurangnya jumlah pengguna, permasalahan itu adalah : fungsi item yang kurang dipahami, warna desain yang kontras pada malam hari, menu tidak konsisten, desain dan warna yang kurang menarik,dan informasi yang disediakan oleh website kurang jelas.

Berdasarkan hal diatas maka dibutuhkan solusi untuk menangani permasalahan atau kendala yang ada, yaitu berupa penggunaan prototype desain aplikasi yang mempunyai user interface yang mudah digunakan dan dipahami. Dalam penelitian ini dilakukan tahapan analisis dan perancangan User Interface/User Experience modul pemesanan yang menggunakan metode Double Diamond. Webuse digunakan mengevaluasi keberhasilan dari website layanan transportasi pada Yakurir. Hasil penelitian ini adalah rancangan user interface yang berdasarkan tahapan pada modul Double Diamond serta terdapat hasil evaluasi dari rancangan user iterface. Hasil evaluasi menggunakan Webuse menyimpulkan rata-rata akhir 0.88 yang meunjukan pada level excellent.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.