DESIGN OF UI/UX DESIGN ON CODING BEE ACADEMY WEBSITE USING KANSEI ENGINEERING METHOD

Winda Marchella, Endra Rahmawati, Anjik Sukmaaji

Abstract


Coding Bee Academy merupakan perusahaan jasa yang bergerak untuk mendedikasikan dan memperkenalkan kurikulum computer science kepada anak-anak sejak usia dini. Coding Bee Academy memiliki banyak franchise yang berada di indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Padang, Surabaya, Makasar hingga Italy. Dalam memperkenalkan jasanya kepada masyarakat khusunya Orang tua dan Anak anak , Coding Bee Academy melakukan dengan dua cara yaitu, mempromosikan lewat iklan di sosial media dan juga menggunakan media website yang beralamat pada https://id.codingbee.org/.

Terdapat permasalahan pada Coding Bee Academy yang menghambat proses bisnis yaitu website yang dimiliki Codiing Bee Academy tidak memberikan informasi yang jelas sehingga kurang menarik calon peserta, dan telah di lakukan evaluasi awal menggunakan metode UEQ dengan 50 responden dan memperoleh hasil Skala Attractiveness atau daya tarik dikategorikan dengan “bad” (buruk) dengan penilaian rata-rata sebanyak -0,04, Skala Perspiculty atau kejelasan dikategorikan dengan “bad” (buruk) dengan hasil penilaian rata-rata sebanyak 0,07. Skala Efficiency atau efisiensi dikategorikan dengan “bad” (buruk) dengan hasil penilaian rata-rata sebanyak 0,02, Skala dependability atau ketepatan dikategorikan dengan “bad” (buruk) dengan hasil penilaian rata-rata sebanyak 0,21, Skala Stimulation atau stimulasi dikategorikan dengan “bad” (buruk) mendapat hasil penilaian rata-rata sebanyak -0,45, Skala Novelty atau kebaruan dikategorikan dengan “bad” (buruk) mendapat hasil penilaian rata-rata sebanyak -0,05.

Berdasarkan permasalahan diatas, solusi yang ditawarkan yaitu Perancangan Desain User Interface dan User Experience Pada website Coding Bee Academy Menggunakan Metode Kansei Engineering. Metode Kansei Engineering merupakan metode khusus yang dapat menggali perasaan dari pengguna sehingga akan menghasilkan produk yang mewakili perasaan penggunanya.

Keywords: Kansei Engineering, Coding Bee Academy, User Experience / User Interface. User Experience Questionnare.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.