RANCANG BANGUN APLIKASI MONITORING PENUGASAN PETUGAS LAPANGAN MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN BERBASIS WEBSITE PADA PT SUCOFINDO CABANG UTAMA SURABAYA

Yoga Punantya Cahya Widyanata

Abstract


PT SUCOFINDO (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang jasa survey yang berdiri sejak tahun 1956.  PT SUCOFINDO Cabang Utama Surabaya memiliki kendala dimana Bidang Penjualan dan Dukungan Operasi (PDO) melalui sub-Bidang PTK (Penempatan Tenaga Kerja) masih melakukan penugasan/ penunjukkan petugas lapangan secara langsung (konvensional), serta masih terdapat keterbatasan pengetahuan tim PTK (Penempatan Tenaga Kerja) dalam memilih petugas lapangan terkait kompetensi yang dimiliki.

Berdasarkan masalah tersebut, solusi yang dilakukan adalah membuat aplikasi berbasis web yang dapat mempermudah penunjukkan penugasan kepada petugas lapangan berdasarkan beberapa kriteria yaitu [1] kehadiran, [2] manday dan [3] kompetensi dari petugas lapangan. Proses penujukkan penugasan dilakukan menggunakan metode Hungarian, metode Hungarian bekerja dalam hal pemilihan petugas dengan cara menghitung poin, dimana poin awal berjumlah 50 poin, kemudian setiap kesesuaian kompetensi petugas terhadap order, maka poin akan berkurang 10, kompetensi dibagi menjadi 3 kelompok yaitu Professional Expercience, Sertifikasi dan Pelatihan, maka apabila petugas memenuhi persyaratan, maka poin akan berkurang 30 poin, dilihat dari kesesuaian 3 kelompok yang disebutkan sebelumnya. Penunjukkan penugasan dilakukan oleh sub-Bidang PTK (Penempatan Tenaga Kerja) berdasarkan hasil perhitungan metode Hungarian yang sudah dilakukan.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat memberikan hasil penujukkan penugasan pada petugas lapangan yang sesuai dengan kriteria yang sudah disebutkan sebelumnya  yaitu [1] kehadiran, [2] manday dan [3] kompetensi dari petugas lapangan. Selain itu aplikasi juga dapat menghasilkan historis dari penugasan petugas lapangan, yang nantinya dapat digunakan untuk monitoring bagaimana penugasan yang dilakukan dalam jangka tertentu.

Kata Kunci : Penugasan Petugas Lapangan, Hungarian, Website, Monitoring.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.