Analisis Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Transaksi E-toll Menggunakan Metode IT Balanced Scorecard pada PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol

Sarah Hasna Shiba, Haryanto Taniwijaya, Slamet Slamet

Abstract


Unit teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung proses bisnis pada suatu perusahaan, salah satunya adalah PT Jasa Marga. Unit teknologi informasi ini wajib memberikan dukungan kepada perusahaan yaitu mengolah dan menyampaikan informasi kepada seluruh elemen eksistensi dalam bentuk teknologi informasi. PT Jasa Marga sebagai penyedia jalan bebas hambatan telah memberlakukan pembayaran non-tunai yaitu Electronic Toll (E-toll). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengukuran kinerja teknologi informasi transaksi E-toll pada PT Jasa Marga cabang Surabaya-Gempol dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard (IT BSC). IT BSC akan mengukur kinerja departemen TI dari empat perspektif, yaitu Kontribusi Instansi, Orientasi Pengguna, Penyempurnaan Operasional dan Orientasi Masa Depan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan mix method yang menunjukkan bahwa PT Jasa Marga khususnya Tol Surabaya Gempol telah memenuhi 2 perspektif berkategori baik dan 2 perspektif berkategori cukup.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.