ANALISIS PENERIMAAN WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2 (TAM 2) PADA BAGIAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS DINAMIKA SURABAYA

Bagas Wiyarso Pujo Prabowo, Sulistiowati ., Endra Rahmawati

Abstract


Universitas Dinamika (Undika) adalah perguruan tinggi swasta yang ada di Surabaya. Universitas Dinamika memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Salah satu bagian yang ada di Undika dalam hal pemberian pelayanan adalah bagian Kemahasiswaan. Kemahasiswaan sendiri bergerak dalam pengelolaan kegiatan dan pembinaan soft skills dengan menyediakan fasilitas sebagai wadah organisasi kegiatan mahasiswa. Untuk mendukung tugasnya, bagian Kemahasiswaan mempunyai website berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi kepada mahasiswa. website kemahasiswaan Universitas Dinamika menunjukkan kenaikan pengunjung pada masa setelah terjadi pandemi covid-19 dimana semua kegiatan perkuliahan dan pencarian informasi terkait perkuliahan dilakukan secara online. Dengan begitu website kemahasiswaan Undika harusnya menjadi sumber informasi yang akurat. Permasalahannya, 80% mahasiswa Universitas Dinamika mengeluhkan tentang informasi yang disediakan pada website kemahasiswaan belum lengkap. Oleh sebab itu dilakukan penelitian untuk mengevaluasi website memahasiswaan Undika dengan metode Tam. Dengan penyebaran kuisioner sebanyak 93 responden mahasiswa Universitas Dinamika, kemudian dilakukan analisis dengan structural equation modeling(SEM) menggunakan Aplikasi SmartPLS diperoleh bahwa Job relevance berpengaruh positif dan signigikan terhadap perceived usefulness sebesar  25%. Subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap image sebesar 77%. Subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness sebesar 26%. Subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use sebesar 24%. Output quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness sebesar 25%. perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use sebesar 37%. Perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness sebesar 33%. Intention to use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Usage behavior sebesar 66%.

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.