Design and Construction Service Administration Service Assistance Service System Guidance (SBPP) Based on Website at PT. Pelindo Marine Service

Alifudin Aziz, Sri Hariani Eko Wulandari, Nunuk Wahyuningtyas

Abstract


PT. Pelindo Marine Service atau biasa disebut PT PMS merupakan salah satu BUMN yang merupakan anak perusahaan dari PT. Pelindo III (Persero). PT PMS bergerak dibidang jasa kepelabuhanan, salah satu jasanya adalah layanan Sarana Bantu Pelayanan Pemanduan (SBPP) yang meliputi layanan pemanduan dan layanan pemenuhan kebutuhan kapal. Dalam melaksanakan layanan tersebut, PT PMS memerlukan layanan administrasi yang dapat mencatat segala aktivitas yang ada pada layanan SBPP. Layanan administrasi yang dilakukan masih belum dapat terintegrasi dengan bagian/divisi terkait. Akibatnya proses pengerjaan administrasi menjadi lama karena penghitungan tagihan-tagihan tersebut masih manual. Maka dari itu, solusi yang didapatkan berupa sebuah sistem layanan administrasi SBPP. Layanan administrasi SBPP meliputi pelayanan pemanduan dan pemenuhan kebutuhan kapal yang dapat terotomatisasi penghitungan tagihan dan menerbitkan invoice secara langsung. Sistem dapat terintegrasi dengan bagian/divisi terkait sehingga lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya. Penelitian dilakukan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Dari hasil sistem layanan administrasi SBPP dapat disimpulkan bahwa sistem dapat melakukan penghitungan tagihan secara otomatis dari pengajuan layanan SBPP hingga menerbitkan invoice.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.