Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman Dengan Metode Blended Learning (Studi Kasus: Laboratorium Komputer Stikom Surabaya)

Edo Yonatan Koentjoro, Bambang Hariadi, Rangsang Purnama

Abstract


Praktikum Bahasa Pemrograman (untuk S1 Sistem Informasi dan D3 Manajemen Informatika) atau praktikum Algoritma dan Pemrograman II (untuk S1 Komputer Akuntansi) merupakan mata praktikum yang diadakan guna mendukung mata kuliah yang diadakan di kelas. Tujuan mata praktikum tersebut yaitu untuk melatih mahasiswa agar mampu menerapkan algoritma sederhana ke dalam pemrograman. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa Java (Javas Language).

Di dalam praktikum, praktikan diajar dan dipandu oleh Co-Ass. Ada 3 tahap yang harus dijalani oleh praktikan, yaitu tes awal, latihan, dan tugas praktikum. Keterbatasan waktu praktikum yang ada membuat praktikan kesulitan dalam mempelajari pemrograman, karena cara menguasai materi setiap praktikan berbeda-beda. Meskipun pembelajaran juga bisa dilakukan secara mandiri, namun kadangkala praktikan masih kesulitan untuk menerapkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.

Untuk mengatasi hal itu, maka diperlukan aplikasi yang dapat membantu dalam mendukung proses pembelajaran praktikum. Aplikasi berbasis web ini menggunakan metode Blended Learning. Dengan dibantu Co-Ass, kemungkinan pemahaman mahasiswa mengenai alur pemrograman bisa menjadi lebih jelas. Keberadaan aplikasi ini diharapkan mampu menjawab permasalahan di atas dalam membantu menjelaskan mahasiswa untuk menerapkan algoritma ke dalam bentuk bahasa pemrograman.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.