Rancang Bangun Sistem Penjadwalan Produksi Berdasarkan Metode Terbaik Pada PT. Karunia Hosana

Yosafat Anditya Inpranata, Arifin Puji Widodo, Henry Bambang Setyawan

Abstract


PT. Karunia Hosana merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi silica sand dan silica flour. Proses produksi yang terjadi hanya mengacu pada tanggal pengiriman dan tanggal pemesanan sehingga terjadi keterlambatan realisasi pengiriman dikarekan proses produksi yang tidak terjadwal sesuai dengan kapasitas mesin. Untuk mengejar tanggal pengiriman, bagian produksi melakukan repacking dari tipe barang yang dipesan pelanggan lain yang memiliki spesifikasi yang sama dan memiliki tanggal pengiriman yang lebih lama. Tujuan pembuatan sistem penjadwalan produksi dengan menggunakan metode terbaik adalah agar pengguna mampu menentukan metode penjadwalan sesuai dengan kriteria pengguna dengan nilai bobot yang diinputkan.

Dari masalah tersebut, maka dibuatlah sistem penjadwalan produksi dengan membandingkan empat metode penjadwalan yaitu Earliest Due Date, First Come First Server, Shortest Job First, dan Longest Job First. Selain metode-metode tersebut, sistem akan mengakumulasi nilai bobot setiap parameter untuk memilih metode terbaik sesuai kriteria pengguna. Pengguna akan memilih metode sesuai dengan nilai bobot keempat parameter per mesin. Dari pemilihan metode tersebut, sistem akan menjadwalkan pesanan produksi.

Hasil uji coba sistem penjadwalan ini dapat diterapkan untuk melakukan proses penjadwalan produksi dan menghasilkan hasil perhitungan metode, jadwal produksi harian, jadwal produksi periode, dan jadwal produksi per kode produksi.

Kata kunci: Jadwal Produksi, Metode Penjadwalan, Master Production Schedule

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.