SISTEM INFORMASI OPTIMALISASI ASET PROPERTI UNTUK MENUNJANG MANAJEMEN ASET PADA PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TIMUR

Solechatul Imaniyah, Arifin Puji Widodo, Anjik Sukmaaji

Abstract


Perhutani Divisi Regional Jawa Timur merupakan lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang pengelolaan hutan di seluruh Jawa Timur. Dalam mengelola hutan, perusahaan ini menggunakan sejumlah aset untuk melancarkan kegiatannya. Namun karena jumlah aset yang dimiliki sangat banyak, sehingga terdapat sejumlah aset yang menganggur. Untuk itu perusahaan melakukan pengoptimalan manfaat aset.

Dalam proses pengoptimalan ditemukan tiga permasalahan, yaitu pengecekkan jatuh tempo kontrak di waktu yang belum tepat. Hal ini mengakibatkan perusahaan kehilangan kesempatan menerima kontrak baru. Selanjutnya informasi letak aset belum secara geografis. Sehingga perusahaan mengalami ketertundaan penerimaan kontrak selama satu minggu. Permasalahan terakhir, promosi aset yang dinilai kurang maksimal. Akibat yang ditimbulkan adalah aset yang laku hanya satu dari sepuluh aset dalam satu bulan.

Berdasarkan dampak dari permasalahan yang ada, perusahaan menerapkan perhitungan lower and upper spesification limit, perhitungan lama dan masa kontrak, perhitungan total nilai kontrak, perhitungan occupancy rate, serta membuat penjadwalan pengecekkan jatuh tempo kontrak dan pengecekkan kondisi aset. Dengan menggunakan metode ini perusahaan dapat memberikan informasi letak aset secara geografis dengan hasil yang variatif, sedia setiap hari dalam memproses kontrak jatuh tempo dan pengecekkan kondisi aset, dan mempromosikan aset berdasarkan perhitungan manfaat aset yang rendah. Melalui hasil pengujian yang dilakukan pada sistem informasi yang dibangun, menyatakan bahwa sistem ini telah mampu menghasilkan laporan kontrak jatuh tempo, laporan perpanjangan masa kontrak, laporan pengecekkan kondisi aset, laporan occupancy rate, dan laporan promosi aset.

Kata Kunci : Manajemen Aset, Perhutani, Google Maps API, Occupancy Rate


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.