Audit Teknologi Informasi berbasis risiko dengan Customer Perspective menggunakan CobiT 4.1

Muhammad Ubaidillah Sriyudi, Pantjawati Sudarmaningtyas, Teguh Sutanto

Abstract


Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) merupakan salah satu Rumah Sakit di Surabaya, dengan salah satu Visinya yaitu menjadi Rumah Sakit Pendidikan terkemuka di tingkat Nasional dan Internasional dalam pemberian pelayanan paripurna, pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan. Dalam meningkatkan ke tahap Nasional maupun Internasional tentu aspek TI tidak dapat diabaikan, dan justru menjadi pendukung penting di era teknologi saat ini.

Sistem/Teknologi Informasi didalam RSUA belum pernah dilakukan Audit TI, serta beberapa masalah yang mendukung perlunya Audit TI adalah penggunaan TI yang berjalan sampai saat ini belum sepenuhnya dapat mendukung Visi RSUA di atas tersebut, serta dalam implementasi dan pemeliharaan TI banyak yang tidak merata pada aspek strategis jangka panjang, maupun operasional jangka pendek.

Solusi TI yang dilakukan adalah melaksanakan Audit TI berbasis Risiko dengan Customers Perspective menggunakan CobiT 4.1, melalui penerapan Metodologi Systems Information Auditing : Tools & Techniques, yang dikeluarkan oleh ISACA dengan tiga tahapan ; Planning, Fieldwork/Documentation & Reporting.

Hasil yang diperoleh menunjukkan kondisi TI RSUA berada pada rata-rata 2.04 (Repeatable but Intuitive) berdasarkan Maturity Level CobiT 4.1. Repeatable but Intuitive mendeskripsikan bahwa TI RSUA memiliki pengandalian atau kontrol terhadap TI, tetapi tidak terdokumentasi dengan baik. Saran dan Rekomendasi telah diberikan terhadap 30 temuan proses TI audit, yang telah diprioritaskan dengan risiko tertinggi terlebih dahulu hingga yang terendah.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Audit TI, CobiT, Rumah Sakit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.