ANALISIS PENERIMAAN WEBSITE E-TICKETING MENGGUNAKAN METODE TAM 2 PADA PERUSAHAAN KAHA TOURS & TRAVEL

Muhammad Iqbal Alhabsyi, Sulistiowati Sulistiowati, Erwin Sutomo

Abstract


KAHA Tours & Travel merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pemesanan tiket pesawat hotel dalam negeri maupun di luar negeri. Pemesanan tiket bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara offline dan online. Dalam pemesanan tiket secara online telah menggunakan website E-Ticketing, namun pemesanan tiket secara online belum banyak diminati pelanggan, selain itu sejak website E-Ticketing diimplementasikan belum pernah dilakukan analisis sehingga Kepala Bagian Layanan Teknologi Informasi selaku pengelola website perlu melakukan analisis dengan melibatkan pelanggan selaku pengguna website.

Berdasarkan masalah yang telah dijabarkan, solusi yang diusulkan yaitu dengan menggunakan metode TAM 2 dari Venkatesh dan Davis. TAM 2 merupakan model penelitian yang paling banyak digunakan untuk menilai perilaku pengguna dalam menerima dan menggunakan sebuah Teknologi Informasi.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh antara kegunaan yang dirasakan pengguna terhadap minat pengguna website yang artinya jika manfaat penggunaan aplikasi terus ditingkatkan, maka juga dapat meningkatkan minat pengguna dalam menerima website E-Tiketing KAHA. Oleh karena itu pihak pengelola TI KAHA Tours & Travel harus meningkatkan kualitas website dengan melakukan maintenance sistem, update berita secara real time, dan mendesain website agar mudah digunakan. Sehingga dapat memengaruhi minat pengguna untuk melakukan pemesanan tiket secara online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.