ANALISIS KESUKSESAN WEBSITE PT PELABUHAN INDONESIA III SURABAYA MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

Fitri dwi Wulandari, Erwin Sutomo, Vivine Nurcahyawati

Abstract


Pelindo III Surabaya bergerak dalam jasa layanan operator terminal pelabuhan yang memberikan informasi tentang perusahaan melalui website agar dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja tanpa ada batas ruang dan waktu. Namun website Pelindo III Surabaya saat ini belum dilakukan evaluasi mengenai kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan dari website berdasarkan persepsi pengguna sebagai umpan balik kepada sekretaris selaku pengelola website.

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dalam penelitian ini dilakukan analisis kesuksesan website menggunakan model DeLone dan McLean dengan elemen kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Hal tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi ataupun bahan pertimbangan untuk meningkatkan website Pelindo III Surabaya.

Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan memberikan efek langsung pada Penggunaan, dimana semakin baik informasi dan layanan dari website dapat mempengaruhi tingkat penggunaan. Kedua, Kualitas Informasi memberikan efek tidak langsung terhadap feedback yang berkaitan dengan informasi pada penggunaan. Jadi Pelindo III Surabaya harus memperhatikan kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, dan manfaat bersih dari segi content, appearance and multimedia, navigation, dan uniqueness.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.