Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Pada Apotek Angelita Farma

Bagus Kriswanto, Arifin Puji Widodo, Rudi Santoso

Abstract


Pada sistem penjualan yang ada pada Apotek Angelita Farma saat ini,  belum tersedia informasi-informasi yang memadai yang mampu mendukung pihak manajer dalam evaluasi dan pengambilan keputusan. Data penjualan pada Bulan April-Mei mengalami kenaikan 5%, sedangkan persediaan obat mengalami penurunan 8,6% dan pada Bulan Agustus-September mengalami penurunan 8,3%, sedangkan pada persediaan obat mengalami kenaikan 26%.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat suatu sistem informasii perputaran penjualan barang yang dapat dijabarkan menurut jenis barang dan nama barang dengan menggunakan metode sell through. Sistem informasi penjualan ini mampu membantu manajer dalam evaluasi dan pengambilan keputusan.   

Dengan adanya sistem informasi tersebut, manajer Apotek Angelita Farma dapat mengevaluasi kegiatan penjualan dan mengambil keputusan. Informasi yang dihasilkan dari sistem informasi penjualan ini yaitu informasi perputaran penjualan barang, informasi barang laku, informasi barang kurang laku, informasi pembantu pengadaan, dan informasi laba kotor. Informasi-informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat digunakan untuk melakukan evaluasi kegiatan penjualan yang nantinya dapat mengetahui produk mana yang diprioritaskan pada saat melakukan pembelian.

 

 

Kata Kunci : Apotek,  Sistem Informasi, Perputaran Penjualan, Sell Through


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.