Pengukuran Kualitas Website Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0

I Putu Aria Widi Kurniawan, Pantjawati Sudarmaningtyas, Marya Mujayana

Abstract


ABSTRAK

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) merupakan salah satu universitas swasta yang ada berbasis teknologi informasi. Untag memakai website sebagai salah satu sarana untuk melakukan proses pemasaran. Minat pengunjung website Untag sangat kurang, dapat dilihat pada total pengunjung website Untag sampai tanggal 18 april 2016 dengan rata-rata 300 sampai 1000 perhari. Hal ini sangat jauh dari harapan pihak Untag yang memiliki target 15.000 pengunjung per hari. Untag belum pernah melakukan evaluasi kualitas website untuk proses pengembangan.

            Untuk mengukur kualitas website Untag penelitian ini melakukan  pengukuran kualitas website dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Usability Quality, Information Quality, Interaction Quality dan Quality Website. Populasi yang digunakan adalah siswa SMA kelas XI rayon 26 dengan sampel yang digunakan sebanyak 206 responden.

          Hasil penelitian menunjukkan variabel Interaction Quality memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan variabel Usability Quality dan Information Quality dengan nilai thitungsebesar 5,560 dibandingkan nilai thitung Usability Quality sebesar 4,739 dan nilai thitung Information Quality sebesar 4,653. Saran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Untag lebih meningkatkan Interaction Quality agar mendapatkan kualitas website yang lebih baik.

Kata Kunci : Kualitas Website, WebQual 4.0, Populasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.