Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online pada CV. Mitra Techno Sains

Dody Cipta Pratama Diaz, Sulistiowati Sulistiowati, Julianto Lemantara

Abstract


CV. Mitra Techno Sains merupakan perusahaan yang menjual detergent, softener, shampo mobil dan silicone oil yang berada di Pondok Wiguna Regency V no. 25 Gunung Anyar Surabaya. Perencanaan CV. Mitra Techno Sains untuk membuka kantor baru tentunya membutuhkan tambahan biaya tenaga kerja, biaya untuk membuat kantor dan juga biaya operasional perawatan gedung. Kesulitan pelanggan untuk memperoleh informasi mengenai data harga dan produk yang paling baru merupakan salah satu kendala yang dihadapi selama penggunaan sistem konvensional. Untuk dapat mengetahui informasi mengenai data harga dan produk terbaru yang dibutuhkan, pelanggan harus datang ke kantor, menelpon atau mengirim email. Jika pelanggan harus datang ke kantor, menyebabkan banyak waktu terbuang yang dibutuhkan pelanggan untuk memperoleh informasi maupun untuk membeli produk.

            Dari permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi penjualan online yang dapat menjadi solusi bagi perusahaan. Pembuatan aplikasi menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) adalah siklus pengembangan sistem yang digunakan dalam manajemen proyek yang menggambarkan tahap-tahap yang terlibat dalam suatu proyek pengembangan system informasi dari studi kelayakan awal melalui pemeliharaan aplikasi.

            Berdasarkan hasil implementasi dan evaluasi sistem, Aplikasi Penjualan Online pada CV. Mitra Techno Sains mampu menjadi solusi bagi perusahaan dalam menjangkau konsumen-konsumen yang berada di luar daerah maupun di luar pulau dan dapat meminimalisir biaya operasional perawatan gedung dan


membayar gaji karyawan karena tidak perlu membangun sebuah kantor baru serta dapat membantu admin untuk menghasilkan berbagai macam laporan seperti laporan penjualan, laporan barang dan laporan customer. Konsumen juga dapat mengetahui informasi mengenai data harga dan produk terbaru tanpa harus datang ke kantor.

 

 

Kata kunci: Aplikasi Penjualan Online, CV. Mitra Techno Sains, Pemasaran,                           System Development Life Cycle


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.