RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI PAKAN DAN MINUM BURUNG OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS

Franciscus Faust Hartanto, Harianto Harianto, Yosefine Triwidyastuti

Abstract


Sangkar burung hingga saat ini masih sangat banyak yang menggunakan metode manual dalam pemberian pakan, minum, serta membersihkan wadah pakan dari sisa pakan atau kulit milet. Semua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara otomatis. Namun permasalahannya sangkar burung selama ini sangat jarang dikembangkan. Oleh karena itu penulis membuat sangkar burung yang dapat secara otomatis menambahkan pakan dan minum serta dapat melakukan monitoring stok pakan, kontroling dalam membersihkan wadah pakan dari sisa pakan atau kulit milet, dan melakukan pengiriman pesan teks jika stok pakan akan segera habis. Pada tugas akhir ini penulis menggunakan NodeMCU ESP32 sebagai pusat kontrol. Input yang digunakan adalah sensor Light Dependent Resistor, sensor Water Level, dan sensor Ultrasonic. Sedangkan untuk output adalah Motor Servo, Solenoid Valve, dan Kipas. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan untuk otomasi pemberian pakan yang memanfaatkan sensor Light Dependent Resistor dan aktuator Motor Servo memiliki tingkat keakuratan 100% dan untuk otomasi pemberian minum yang memanfaatkan sensor Water Level dan aktuator Solenoid Valve memiliki tingkat keakuratan 100%. Sedangkan untuk bagian IoT yaitu monitoring stok pakan menggunakan sensor Ultrasonic memiliki tingkat keakuratan 95.6%, kontroling jarak jauh menggunakan kipas memiliki tingkat keakuratan 100%, dan untuk pengiriman pesan teks memiliki tingkat keakuratan 100%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.