RANCANG BANGUNG SISTEM MONITORING DAN KONTROL SMART HOME MELALUI SMARTPHONE MENGGUNAKAN PROTOKOL MQTT

Eka Fijianara Fernanda, Ira Puspasari, Harianto Harianto

Abstract


Rumah merupakan kebutuhan yang sangat penting sebagai tempat berteduh. Seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi, saat ini semakin banyak pula sistem yang diterapkan didalam perangkat perangkat yang berada dirumah atau di dalam sebuah bangunan yang telah dihuni. Smarthome merupakan sistem yang telah diprogram dan dapat bekerja dengan bantuan komputer untuk mengitegrasikan dan mengendalikan sebuah perangkat atau peralatan rumah secara otomatis dan efisien..

Pada penelitian ini penulis membuat rancang bangun monitoring dan kontrol

Smarthome menggunakan protokol MQTT. Pada rancangan tersebut, penulis menggunakan 3 buah NodeMCU yang dimana 2 Node sebagai Client dan 1 sebagai ServerClient akan mengirimkan data hasil deteksi dari sensor ke Server dan diteruskan ke Broker sebagai penghubung Publisher dan Subscriber. Protokol MQTT disini bertugas sebagai media pengiriman pesan data dari Server ke Smartphone atau sebaliknya. Pesan yang di kirim dengan smartphone menggunakan data “0” dan “1” untuk sistem kontrol dan monitoring.

Hasil delay pengujian yang pada protokol MQTT diperoleh dari seluruh data yang dikirim dari Server ke Broker yaitu rata – rata sebesar 0.509ms. Sehingga nilai delay yang dihasilkan masuk ke dalam kategori buruk.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.