RANCANG BANGUN PEMBERI PAKAN KUCING OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Frisilia Lisika, Harianto Harianto, Ira Puspasari

Abstract


Salah satu masalah yang dihadapi pemilik kucing saat memelihara kucing adalah ketika mereka berada jauh dari rumah selama beberapa hari atau di tempat kerja. Pergantian yang dilakukan selama pemeliharaan harus dipercayakan pada perawatan hewan atau meninggalkan sebagian besar makanan. Dan tentunya membutuhkan biaya yang lebih tinggi serta tidak kondusif bagi kesehatan kucing, karena cara pemberian pakan yang tidak terkontrol. Pada penelitian sebelumnya telah dibuat alat feeding otomatis, namun alat tersebut tidak dapat dikendalikan dari jarak jauh dan hanya dapat menggunakan EEPROM untuk penyimpanan data. Pada alat sebelumnya, nilai yang terukur tidak akurat. Dari permasalahan di atas, munculah bagaimana merancang sebuah alat makan kucing otomatis yang tidak hanya dapat memberi makan kucing secara akurat sesuai dengan jumlah makanan yang dimasukkan oleh load cell secara akurat, tetapi juga mengatur waktu makan secara langsung (offline) melalui layar LCD atau jarak jauh melalui remote control. Aplikasi Android (online). Alat makan kucing ini dapat bekerja secara otomatis dan juga dapat dikontrol dengan aplikasi pada handphone yang terkoneksi dengan internet. Menggunakan Android Studio untuk membuat aplikasi dan Arduino Mega 2560 sebagai mikrokontroler yang terintegrasi dengan ESP-01, menggunakan alat ini untuk membuat sistem.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.