RANCANG BANGUN ALAT PEMESANAN MENU MAKANAN OTOMATIS BERBASIS MICROCONTROLLER DENGAN KOMUNIKASI TCP/IP

Priscilia Miraditya, Harianto Harianto, Madha Christian Wibowo

Abstract


Keberadaan restoran, cafe, dan sejenisnya makin marak belakangan ini. Sehingga memunculkan persaingan bisnis antara restoran satu dengan yang lainnya. Pelayanan yang tidak maksimal dikarenakan jumlah pelayan yang kurang memadai menjadi salah satu faktor utama. Dari permasalahan tersebut maka pada tugas akhir ini dibuat sebuah sistem untuk memaksimalkan pelayanan dengan berbasis microcontroller dengan komunikasi TCP/IP. Microcontroller adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kontrol. TCP/IP merupakan protocol yang bersifat connection oriented.

Dalam tugas akhir ini menghasilkan perbandingan sistem yang sudah ada. Sistem ini terdiri dari sebuah perangkat keras dan sebuah software yang berkomunukasi dengan komunikasi TCP/IP. Kegunaan komunikasi TCP/IP pada tugas akhir ini adalah agar server dapat menerima data dari beberapa client secara bersamaan.

Berdasarkan hasil pengujian tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak dapat melakukan komunikasi dengan komunikasi TCP/IP. Data yang diterima dengan komunikasi ini lengkap dan membutuhkan waktu yang singkat, dikeranakan data dapat diterima secara bersamaan tanpa perlu bergantian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.