ANALISIS PERANGKAT TRANSMISI UNTUK WIRELESS ENERGY TRANSFER

Ngurah Tegar Mahardika, Yuwono Marta Dinata, Susijanto Tri Rasmana

Abstract


Wireless technology atau teknologi nirkabel, atau lebih sering disingkat wireless adalah teknologi elektronika yang beroperasi tanpa kabel. Wireless technology telah dikenal dapat dimanfaatkan untuk komunikasi maupun pengontrolan. Saat ini, teknologi nirkabel juga dapat diterapkan pada proses perpindahan daya atau disebut juga wireless energy transfer.

Wireless energy transfer memiliki beberapa macam mekanisme, salah satunya adalah inductive resonant coupling. Teknologi ini bekerja dengan menggunakan efek kopling resonansi antara dua gulungan sirkuit LC. Inductive resonant coupling mampu mentransmisikan energi melalui media magnetic field atau dalam beberapa teori lainnya dikenal dengan fluks yang dihasilkan oleh arus listrik.

Inductive resonant coupling mampu menghasilkan nilai daya keluaran hingga 0.021 watt dengan jarak 3 cm dan daya input 0.440 watt. Teknologi ini mampu mencapai tingkat efisiensi sebesar 6.73% pada jarak 3 cm. Sedangkan tingkat efektivitasnya mencapai 0.07 yang berarti daya keluaran lebih kecil 14 kali dibandingkan daya input.

Keyword : Wireless Energy Transfer, Inductive Resonant Coupling, Transmisi Daya Listrik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.