ALAT PEMBUAT PAKAN TERNAK AYAM JENIS PELLET

Jimmy Rosandy, Fandi Surya Permana, Harianto Harianto, Pauladie Susanto

Abstract


ABSTRAKSI

Pada jaman sekarang ini, orang membuat pakan ternak jenis pellet masih membutuhkan tenaga manusia sebagai dasar tenaga dan memakan waktu yang lama untuk sekali memproses bahan baku dari mulai tahap proses sampai dengan proses selesai. Adanya perkembangan mesin pembuat pellet pada sekarang ini masih belom terbantunya sebagai pengganti tenaga manusia. Hal lain yang masih kurangnya pada alat yang sekarang ini adalah masih menggunakan mesin diesel sebagai tenaga penggerak. Mesin diesel yang sekarang digunakan untuk mesin pembuat pakan ternak jenis pellet saat ini, penulis melihat masih banyak kekurangannya. Adapun permasalahannya adalah berisiknya menggunakan mesin diesel. Hal ini mengganggu manusia yang lain pada saat pemprosesan. Disamping suara yang di timbulkan kurang baik, adanya polusi atau pencemaran udara dari mesin tersebut. Adanya kontaminasi dari asap yang di timbulkan pada mesin tersebut akan tercampur dengan pakan ternak itu sendiri.

Dalam perumusan tersebut penulis mencoba untuk merancang dan membangun sebuat alat pembuat pakan ternak jenis pellet dengan sistem otomatis berbasis PLC sebagai pusat control terhadap perangkat yang ada. Disini penulis menggunakan motor 1 fasa dan motor 3 fasa sebagai perangkat untuk pembuatan pakan ternak tersebut. Pada bagian mixer, penulis menggunakan takaran adonan berkapasitas 5 10 Kg. Motor 1 fasa sebagai motor penggerak yang nantinya akan dipicu dengan dengan rilley bertegangan 220v sebagai pemutus dan penyambung tegangan. Sedangkan disini penulis menggunakan 2 buah motor 3 fasa dan 2 buah inverter sebagai penggerak untuk pendorong bahan sampai dengan ke proses pemotongan dan juga sebagai pemotong adonan sehingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Sehingga suara yang di timbulkan pada alat ini mengurasi tinggat kebisingan yang ada dan memper mudah manusia untuk membuat pakan ternak ayam jenis pellet.

Diharapkan pada penelitian ini dapat membantu dan meringankan pekerjaan baik pengusaha pakan ternak ayam jenis pellet maupun home industry berskala kecil untuk lebih efisien. Sehingga tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak untuk proses pembuatan, dan mengganti dengan cara cepat untuk pembuatan pakan ternak sesuai dengan yang sudah dibuat ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.