ABSENSI MAHASISWA DIKELAS SECARA REAL - TIME BERBASIS MULTI WAJAH MENGGUNAKAN METODE EIGENFACE

Yudha Pratama, Heri Pratikno, Yosefine Triwidyastuti

Abstract


Absensi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk mencatat adanya kehadiran seseorang dalam suatu organisasi (kerja, sekolah, perkuliahan, dan lain – lain). Kegiatan absensi yang dilakukan secara manual (dipanggil satu persatu) dengan jumlah peserta absensi banyak memiliki banyak kekurangan yang sangat signifikan yaitu waktu yang diperlukan cukup lama (tidak efisien waktu).

Dalam era globalisasi saat ini penggunaan sistem absensi dengan menggunakan teknologi marak di terapkan contohnya sistem absensi menggunakan fingerprint, RFID, Absensi Single Face Recognition. Namun dengan sistem absensi ini masih begitu memiliki kekurangan dari segi efisiensi waktu, masih terdapat antrian untuk melakukan absensi yang membutuhkan waktu dan tenaga untuk melakukannya.

Maka dari itu dalam tugas akhir ini absensi kehadiran Mahasiswa di kelas secara real – time berbasis multi wajah dengan menggunakan metode eigenface. Sistem absensi ini dapat mendeteksi dan mengenali banyak wajah secara bersamaan dan real – time. Sistem absensi menggunakan camera webcam resolusi HD untuk mendukung pengenalan objek wajah dengan akurat. Sistem absensi multi wajah dapat mendeteksi dan mengenali wajah dengan asumsi mahasiswa dengan jumlah banyak (pelaku absensi) berada dalam jangkauan kamera webcam dengan jarak tertentu antara mahasiwa yang melakukan absensi terhadap webcam dan pencahayaan ruangan yang ideal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.