SISTEM GREENHOUSE TANAMAN KANGKUNG (IPOMEA AQUATICA FORSK.)

Mochammad Norca Adilayahya, Susijanto Tri Rasmana, Ira Puspasari

Abstract


Dewasa ini perkembangan industri semakin maju dengan pesat, perkembangan tersebut banyak yang menggeser lahan pertanian terutama di daerah perkotaan, akibatnya lahan pertanian semakin menyempit. Di sisi lain kebutuhan akan hasil pertanian semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Oleh karena itu perlu dipikirkan jalan keluar untuk mengatasi kondisi tersebut. Hidroponik merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman terutama di lahan sempit.

              Rumah kaca (greenhouse) adalah sebuah bangunan yang terbuat dari kaca atau plastik ataupun paranet yang memudahkan sinar matahari masuk ke dalam rumah kaca tersebut, sehingga kondisi lingkungan di rumah kaca dapat dimanipulasi agar tanaman di dalamnya dapat berkembang optimal serta melindungi tanaman dari kondisi iklim yang merugikan bagi pertumbuhan tanaman

              Salah satu jenis kontrol yang dapat mengontrol parameter serta memberi setting point yang banyak digunakan saat ini adalah kontrol PID (Proportional Integral Derrivative). PID adalah kontrol yang merupakan gabungan dari control proporsional, kontrol integral dan kontrol diferensial. Gabungan dari ketiga kontrol ini diharapkan agar mendapat keluaran sistem dengan nilai error sekecil mungkin. Keuntungan dari kontrol PID adalah merupakan sebuah sistem yang sederhana sehingga lebih cepat dalam mengambil sebuah keputusan.

              Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan persentase error suhu tertinggi yakni sebesar 10,65%, suhu terendah sebesar 0%, sedangkan persentase kelembaban error tertinggi sebesar 16,95%, persentase kelembaban error terendah sebesar 0%. Terjadinya error yang tinggi pada pengujian dikarenakan perbedaan sensitifitas serta keakuratan antara sensor DHT11 dengan termometer dan hygrometer.

 

Kata Kunci : Hidroponik, PID, DHT11, Greenhouse, Tanaman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.