EKSTRAKSI CIRI SUARA BURUNG BERDASARKAN DOMAIN WAKTU DAN FREKUENSI

Bayu Prabandaru, Susijanto Tri Rasmana, Ira Puspasari

Abstract


Suara burung adalah salah satu dari banyak jenis sinyal. Karena suara burung berbentuk sebuah sinyal, maka teknologi saat ini memungkinkan sebuah program dapat mengektraksi suara burung  berdasarkan domain waktu dan frekuensi.

 Salah satu metode perhitungan untuk mengekstraksi sinyal yang sering digunakan Transformasi Fourier. Short Time Fourier Transform (STFT), merupakan pengembangan dari transformasi Fourier, yang ditambahkan nya  fungsi window sehingga sinyal dapat di lihat dan di ketahui domain waktu dan frekuensi nya.

 Pada penelitian ini, metode STFT digunakan untuk mengekstraksi fitur-fitur yang terdapat pada suara manusia seperti amplitudo, frekuensi, dan waktu. Fitur-fitur ini kemudian akan dilatih, kemudian diuji atau diidentifikasi untuk mengetahui jenis suara burung tersebut menggunakan salah satu model jaringan saraf tiruan yaitu backpropagation.

persentase keberhasilan pengujian pengenalan data suara baru pada brung kacer adalah sebesar 30%, dan pada burung kenari adalah sebesar 43%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.