IMPLEMENTASI DAN ANALISIS QOS PROTOKOL HWMP+ PADA JARINGAN MIKROTIK BERBASIS WIRELESS MESH NETWORK

Abid Eka Sukatno Putro, Jusak Jusak, Heri Pratikno

Abstract


Pada umumnya, perangkat wireless akan tersambung dengan akses point yang ada pada jarak jangkau. Perangkat wireless yang tersambung akan melakukan aktifitas transmisi data secara terus menerus, seperti browsing, mengunggah dan mengunduh data, video calling  dan lain lain, yang menuntut perangkat wireless pengguna tersambung secara konsisten, kendala dari kebutuhan pengguna perangkat wireless adalah jarak jangkau yang terbatas. semakin jauh akses point semakin rendah sinyal yang ditangkap untuk transmisi data sehingga unjuk kerja transmisi data  yang didapat tidak maksimal. Sudah ada pengujian yang mengangkat tema HWMP+ namun sebatas simulasi pada NS2 tanpa mendukung WDS secara real time.

            Maka dari itu dalam tugas akhir ini akan dianalisis unjuk kerja sistem jaringan wireless mesh dengan penerapan protokol HWMP+ dan metode WDS  untuk menunjang proses komunikasi yang bisa diandalkan. Penelitian ini menitik beratkan pada unjuk kerja jaringan yang diimplementasikan secara nyata pada teknologi Mikrotik dengan kondisi jaringan yang normal dan error.

Hasil dari penelitian unjuk kerja jaringan wireless mesh network dengan implementasi protokol HWMP+ adalah 0% packet loss untuk seluruh transmisi tipe data. Utilisasi bandwith pada ftp kondisi error mengalami kenaikan drastis pada bandwith 256Kb dengan mencapai 39% dibandingkan kondisi normal mencapai 18% 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.