Rancang bangun Robot Tank Sebagai Alat pendeteksi Gas Mudah terbakar Berbasis Komunikasi Bluetooth HC-05

Muchammad Chalim, Harianto Harianto, Heri Pratikno

Abstract


Pada  industri kimia, sering terjadi kebocoran gas pada pipa maupun pada tabung gas yang berada di area industri tersebut. Gas tersebut biasanya mengandung unsur gas metana dan butane yang mudah terbakar. Kebocoran gas tersebut sangatlah berbahaya bagi para pekerja maupun masyarakat sekitar industri. Hal ini membuat para pekerja sangat kesulitan untuk mencari tahu dimana letak titik kebocoran gas yang akan dicari. Berdasarkan beberapa masalah di atas, maka dirancang sebuah Robot yang mampu untuk menggantikan peran manusia dan memiliki kemampuan mendeteksi kekuatan aroma gas, sehingga titik kebocoran bisa ditemukan.

Perancangan tugas akhir ini menggunakan 2 buah mikrokontroler ATMega32, yaitu pada Robot sebagai master dan pada joystick sebagai slave. Pada perangkat ini terdapat 2 modul Bluetooth HC-05 yang berguna untuk komunikasi antara Robot sebagai master dengan joystick sebagai slave. Pada perancangan joystick bluetooth ini menggunakan komunikasi Serial Pheripheral Interface (SPI) sebagai antarmuka antara joystick PS dengan mikrokontroller.

Hasil pengujian dari tugas akhir ini yaitu mengendalikan mobile robot dengan joystick blueooth dengan baik. Untuk pengujian pada sensor gas terhadap gas yang dideteksi menunjukkan bahwa masih kurang baik dengan persentase 70%. Hal ini dikarenakan pada area pengujian harus dikondisikan terlebih dahulu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.