ANALISIS TIME-FREQUENCY SINYAL ECG (ELECTROCARDIOGRAM) DENGAN MENGGUNAKAN CONTINUOUS WAVELET TRASFORM

Pangky Ari Wibowo Prastyo, Jusak Jusak, Ira Puspasari

Abstract


: Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa aliran peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Gejala ketidak normalan fungsi jantung sering kali datang secara tiba-tiba. Faktor penyebab penyakit jantung antara lain sibuk mengejar kebutuhan hidup dengan cara praktis dan serba otomatis, seperti mengkonsumsi makana siap saji, makanan yang berlemak, jarang olahraga, stress berkepanjangan dan sebagainya. Oleh sebab itu pengenalan dini penyakit jantung merupakan salah satu cara menghindari penyakit jantung. Selain itu hasil dari pengenalan dini dapat digunakan untuk mengetahui langkah selanjutnya yang akan diambil pasien.

Dalam studi ini nantinya dapat membantu pada bidang kedokteran untuk menganalisis sinyal Electrocardiogram (ECG). Program yang dibuat ini akan memudahkan praktisi kesehatan dalam bidang spesialis jantung untuk pembacaan sinyal ECG secara elektronik.

Untuk penelitian ini menganalisis beberapa contoh rekaman sinyal ECG, menggunakan CWT, sehingga mampu diketahui informasi berupa energi maksimum, frekuensi pada energi maksimum, serta jarak gelombang R ke R antar siklus ECG. Data inilah yang nantinya berguna untuk menjadi inputan klasifikasi sinyal ECG untuk menentukan, normal dan tidak normalnya sinyal jantung.

Berdasarkan hasil analisis, untuk interval waktu R ke R rata-rata 0.994 detik, nilai koefisien maksimum rata-rata 21,181 dan energi maksimum rata-rata 451,682 pada waktu rata-rata 0,5334 detik dan scala rata-rata 0,7015.

 

Keywords: Continuous Wavelet Transform, Jantung, Electrocardiogram, Time – Frequency, visual basic6.0..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.