RANCANG BANGUN ALAT ELEKTROKARDIOGRAF UNTUK VISUALISASI, PEREKAMAN, DAN PENYIMPANAN SINYAL JANTUNG

Wahyu Rokhman Sugiarto, Jusak Jusak, Ira Puspasari

Abstract


Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja kapan saja . Kadang-kadang penyakit tersebut tidak dapat dideteksi di awal. Proses pemeriksaan jantung hanya dapat dilakukukan oleh dokter disebut sebagai auskultasi . Auskultasi adalah pemeriksaan kinerja organ seperti jantung dengan mengambil informasi elektrolis jantung dengan elektroda jepit. Dalam pemeriksaan fisik dengan menggunakan elektroda jepit diperlukan untuk membuka sebagian besar daerah pergelangan tangan dan kaki pada pasien dan kertas perekam khusus untuk sinyal EKG. Oleh karena itu, diperlukan membangun sebuah alat yang mampu menyimpan data jantung pasien kedalam database untuk dicetak sewaktu – waktu dan tidak memerlukan kertas khusus untuk merekam.

Dalam studi ini , pengiriman sinyal auskultasi jantung melalui modul EKG untuk mengambil sinyal. Kualitas layanan yang digunakan dalam penelitian ini termasuk probability of loss data, banyak data yang diterima dengan baik sebanyak sinyal jantung yang sebenarnya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pengaplikasian transmsi sinyal auskultasi jantung dapat dibangun dengan cara penerimaan data oleh coordinator dilakukan secara offline.

Berdasarkan hasil penelitian, hasil transmisi sinyal auskultasi jantung menunjukkan bahwa semakin tinggi baudrate pengiriman data yang ditetapkan oleh komunikasi serial, semakin banyak data yang didapat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.