RANCANG BANGUN PROTOTYPE AUTOMATIC VEHICLE CLASSIFICATION (AVC) PADA KENDARAAN JALAN TOL

Yudo Asmoro, Harianto Harianto, Ira Puspasari

Abstract


Pertumbuhan transportasi dan kebutuhan angkutan jasa dan barang setiap tahunnya selalu bertambah, khususnya pada angkutan jalan raya. Data pada tahun 2011 dan 2012 pertumbuhan transportasi jalan raya rata-rata mengalami pertumbuhan sebesar 12 %, yang meliputi kendaraan mobil penumpang, bus, kendaraan barang, sepeda motor dan kendaraan khusus.

              Jalan tol yang merupakan jalan bebas hambatan banyak dipilih pengendara untuk menhindari kemacetan yang terjadi di jalan raya. Dengan jumlah transportasi yang terus bertambah tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kemacetan pada jalan tol terutama waktu melakukan pembayaran pada gerbang keluar jalan tol.

              Automatic Vehicle Classification atau AVC adalah sistem yang digunakan untuk mendeteksi jenis suatu kendaraan yang melewati jalan tanpa adanya interaksi dengan pengemudi atau seorang pengamat manusia. Dalam hal ini AVC dapat diterapkan pada pengoperasian pada jalan tol, dimana AVC berfungsi mendeteksi jenis golongan kendaraan berdasarkan jumlah gardan (As roda) dengan memanfaatkan pijakan ban kendaraan sebagai “Sensor”. Karakteristik dari roda (double wheels) dan ketinggian kendaraan juga dapat menjadi acuan dalam pengklasifikasian.

              Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakaukan didapatkan hasil rata-rata keberhasilan sistem Automatic Vehicle Classification dalam mengklasifikasikan berbagai kendaraan sesuai ketentuan jenis golongan kendaraan jalan tol sebesar 85 % dan error sebesar 15 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.