Implementasi Jantung Sensor Nirkabel Ber-Cluster Untuk Transmisi Sinyal Suara Jantung

Moch Miftachul

Abstract


Auskultasi adalah pemeriksaan kinerja organ seperti jantung dengan cara mendengarkan suara yang diakibatkan oleh vibrasi yang berasal dari proses kerja jantung. Proses auskultasi dilakukan dengan menggunakan stetoskop yang mengharuskan pasien membuka bagian dada, hal ini tidak dapat dilakukan oleh dokter yang berbeda gender dengan pasien dikarenakan menjaga privacy dan kenyamanan pasien. Maka dibuat alat agar dapat melakukan pemeriksaan pada ruangan terpisah antara pasien dengan dokter, hal ini sudah diatasi dengan penelitian sebelumya dengan mengirimkan hasil sinyal jantung dari node router ke node coordinator. Permasalahan ada pada bandwidth yang dimiliki oleh zigbee 256 Kbps, sedangkan data sinyal jantung ini dikirimkan secara streaming maka dari itu menggunakan WiFi dengan bandwidth yang lebih besar sekitar 54 Mbps.

Dalam penelitian ini, pengiriman sinyal auskultasi dilakukan dari node router menuju node CH dengan jaringan zigbee dan selanjutnya diintegrasi ke jaringan WiFi untuk meneruskan ke server. Untuk mengetahui kelayakan sistem ini, dilakukan perhitungan data loss, delay, dan throughput.

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan 2 jenis baudrate, untuk baudrate 115200 delay yang didapat besar tetapi data loss nya kecil, sedangkan baudrate 57600 delay yang didapat kecil tetapi data loss nya besar, dan data loss dari CH ke server sangat besar dikarenakan proses integrasi antara zigbee dengan WiFi melakukan proses pemindahan data dari variable pada jaringan zigbee ke variable jaringan WiFi sehingga data banyak yang loss.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.