RANCANG BANGUN ALAT PEMBATAS ARUS LISTRIK DAN MONITORING PEMAKAIAN DAYA PADA RUMAH SEWA BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO

Fransiscus Fransiscus, Harianto Harianto, Susijanto Tri Rasmana

Abstract


Kebutuhan akan listrik yang sangat besar dan berbanding lurus dengan penggunaan listrik. Efisiensi akan penggunaan listrik tersebut harus dapat dikontrol dan dibatasi secara maksimal sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan mengingat laju kebutuhan listrik sangat besar dan tidak diimbangi dengan sumber daya yang tersedia, maka perlu adanya sistem yang dapat mengontrol arus listrik, sehingga penggunaan listrik dapat terpakai sesuai dengan pemakaian.

Pada metode penelitian tugas akhir ini arduino uno akan memproses data masukan dari sensor arus yang berupa tegangan untuk dijadikan acuan batasan arus listrik. Kemudian arduino diprogram, apabila arus yang masuk melebihi batas yang ditentukan, selanjutnya akan memutuskan modul relay yang telah dipasang pada phase dari listrik rumah. Dari hasil pengujian keseluruhan sistem, hasil pengujian pengukuran arus dan monitoring pemakaian dengan perhitungan program selama tiga puluh menit dengan batasan empat ampere, dari empat perlalatan elektronik dengan masing-masing tiga kali percobaan didapatkan biaya dan rata-rata biaya yang sama dari percobaan peralatan elektronik. Kemudian hasil pengujian perhitungan program dan perhitungan manual terhadap lima belas percobaan terdapat error, dimana error terkecil 1,33% dan terbesar 15,38% sehingga alat masih memiliki keakuratan dalam perhitungan. Selanjutnya pengujian pengukuran arus yang melebihi batas acuan yang diinputkan, alat bekerja sesuai dengan program ketika sensor arus <, =, atau > batasan arus maka pada kondisi diharapkan dengan kondisi sesungguhnya memiliki kondisi yang sama.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.