BRAND AMBASSADOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH CITRA MEREK (Studi Pada Produk UMKM Sari Delight di Surabaya)

Adrian Tewenusa, Sendi Kurniawan

Abstract


Berdasarkan temuan penelitian yang secara konsisten mendukung semua hipotesis yang diberikan dalam penelitian ini, bisa dikatakan  akan brand ambassador punya dipengaruhi serta meningkatkan terhadap citra merek dan keputusan pembelian; harga yang dipersepsikan serta punya dampak baik dengan kenaikan; Sikap pelanggan ditemukan punya dampak baik dengan kenaikan terhadap citra merek serta keputusan pembelian. Di sisi lain, juga ditemukan bahwa citra merek berpengaruh baik serta pengaruh peningkatan terhadap keputusan pembelian. Tidak hanya itu dalam penelitian ini, juga membuktikan akan citra merek bisa dikatakan mediasi antara hubungan brand ambassador serta keputusan pembelian. Penelitian ini juga membuktikan bahwa indikator bisa dipakai dalam menghitung variable sedang diteliti pada penelitian ini memiliki konsistensi dan reliabilitas yang baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tes prasyarat yang dilakukan pada indikator keputusan pembelian, citra merek, brand ambassador dan variabel sikap pelanggan yang diketahui memenuhi persyaratan baik evaluasi model pengukuran atau evaluasi model struktural.


Keywords


Marketing; Consumer Behavior; Purchase Decision; Brand Image; Brand Trust; Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


R. D. Pinasti, A. Y. A. Fianto, and W. Hidayat, “Penciptaan Buku Komik Sebagai Upaya Pengenalan Permainan Tradisional Kepada Remaja,” Art Nouv., vol. 4, no. 1, 2015.

E. Y. Ikawira and A. Y. A. Fianto, “Penciptaan Buku Ilustrasi Legenda Reog Sebagai Upaya Mengenalkan Budaya Lokal kepada Anak-Anak,” Art Nouv., vol. 3, no. 1, 2014.

A. Jafar, A. Y. A. Fianto, and S. P. Yosep, “Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal,” Art Nouv., vol. 3, no. 1, 2014.

A. Marzuqi, “Penciptaan Motif Batik sebagai Ikon Kabupaten Lumajang,” Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2015.

S. Lauwrentius, “Penciptaan City Branding melalui Maskot sebagai Upaya untuk Mempromosikan Kabupaten Lumajang,” Unpublished Undergraduate Thesis, Visual Communication Design, 2015.

D. Y. Riyanto, N. Andriyanto, A. K. Riqqoh, and A. Y. A. Fianto, “A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia,” Maj. Ekon., vol. XXIV, no. 1411, pp. 149–157, 2019.

R. Santoso, R. Shinta, and A. Y. A. Fianto, “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Berkunjung ke Wisata Bahari Jawa Timur,” Manaj. dan Bisnis, vol. 4, pp. 1–14, 2019.

A. Y. A. Fianto, “The Antecedents of Purchase Decision for Hijab Fashion Products,” Manajemen, vol. 12, no. 1, pp. 154–165, 2020.

R. Santoso, R. Shinta, and A. Y. A. Fianto, “Composing Marketing Mix for Better Destination Brand in Jawa Timur, Indonesia,” Maj. Ekon., vol. XXIV, no. 1411, pp. 158–167, 2019.

R. Santoso and A. Y. A. Fianto, “Pengaruh Marketing Mix Produk Jasa terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Bahari Jawa Timur,” Kinerja, vol. 17, no. 1, pp. 69–79, 2020.

A. Y. A. Fianto, “Satifaction As Intervening For The Antecedents Of Intention To Revisit: Marine Tourism Context In East Java,” Relasi, vol. 16, no. 1, pp. 179–207, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Dinamika Bisnis (DINAMIS) is proudly published by Universitas Dinamika