Penyutradaraan Dalam Pembuatan Film Fiksi Bergenre Drama Dengan Judul "Sekejap"

Rifda Tri Yasminia

Sari


Pada penelitian ini dilakukan penciptaan film fiksi yang dilatarbelakangi oleh lelaki yang tertarik dengan seorang wanita, sedangkan ia sudah memiliki istri dan ternyata wanita tersebut merupakan teman dari istrinya, sehingga dapat dijadikan cerita dalam bentuk film fiksi bergenre drama. Tujuan dalam penelitian ini adalah menyutradarai dan menghasilkan film fiksi bergenre drama dengan judul “Sekejap”. Dalam penelitian ini penulis menjadi sutradara. Sutradara adalah seseorang yang menentukan visi kreatif sebuah film, memiliki control terhadap pilihan-pilihan kreatif, mulai dari tahap praproduksi, produksi, pascaproduksi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan wawancara, studi literature, dan studi eksisting. Hasil pengumpulan data tersebut akan disimpulkan menjadi data sehingga dapat tercipta film fiksi bergenre drama. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya scene flashback untuk membangun suasana haru pada film. Harapan dalam penelitian ini ialah dapat menyampaikan pesan secara baik serta menjadikan film yang dapat dinikmati. Dalam penelitian ini masih memiliki banyak kekurangan seperti kurangnya persiapan yang kurang matang pada saat praproduksi, dan terbatasnya waktu pada saat reading dengan talent. Dari kekurangan tersebut diperoleh saran seperti perlunya komunikasi yang baik dengan tim agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Referensi


Antelope, S. (2019, November 26). Jangan Bingung! Ini Bedanya Offline Dan Online Editing. Dipetik Oktober 5, 2022, dari Studio Antelope: https://studioantelope.com/perbedaan-online-dan-offline-editing/.

Hidayat, A. (2012, Oktober 31). Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap. Dipetik Oktober 17, 2022, dari Statistikian: https://www.statistikian.com /2012/10/penelitian-kualitatif.html.

Ismail, J. (2021, April 14). Jenis-Jenis Cut Dalam Editing Film. Dipetik Oktober 25, 2022, dari Studio Antelope: https://studioantelope.com/jenis-jenis-cut-dalam-editing-film/.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id