MEMBUAT ANIMASI 2D SIDE SCROLLING SILHOUETTE DENGAN TEMA PERANG DUNIA

Gesta Anggarda Putra Andriyanto

Sari


Tujuan yang ingin diperoleh pada Tugas Akhir berikut ialah membuat animasi 2D side scrolling silhouette dengan tema perang dunia. Animasi silhouette/siluet merupakan animasi yang dibuat dengan memfokuskan pada benda-benda atau karakter yang menggunakan warna hitam, tanpa mengurangi sisi detil dan estetika dari sebuah film. Metode yang penulis gunakan untuk merampungkan proyek Tugas Akhir ini yaitu dengan mengimplementasikan metode kualitatif yang pengumpulan datanya berupa wawancara dan studi literatur. Film animasi 2D side scrolling silhouette ini menggunakan alur maju mundur, yaitu tentang seorang warga sipil biasa yang hidup pada masa perang dunia, yang berusaha untuk lari menjauh dari desa yang telah dijadikan medan perang.

Kata Kunci


Film Animasi 2D, Silhouette, Perang Dunia

Referensi


Anwar, I. C. (2021, 01 22). Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis. Retrieved from tirto.id: https://tirto.id/mengenal-penelitian-kualitatif-pengertian-dan-metode-analisis-f9vh

Ardiyansah. (2010, 04 14). 12 Prinsip Animasi. Retrieved from binus.ac.id:https://dkv.binus.ac.id/2010/04/14/12-prinsip-animasi/

Faruqi, A. (2017). Pembuatan Animasi 2D Berjudul “KINDNESS” Menggunakan Adobe Animate. Naskah Publikasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta , 2.

Gischa, S. (2020, 07 15). Akibat Perang Dunia II di Berbagai Bidang. Retrieved from kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/15/151353269/akibat-perang-dunia-ii-di-berbagai-bidang

Iswara, A. J. (2021, 06 15). Kisah Perang Dunia II: Mengapa Terjadi dan Negara yang Terlibat. Retrieved from internasional.kompas.com: https://internasional.kompas.com/read/2021/06/15/134546170/kisah-perang-dunia-ii-mengapa-terjadi-dan-negara-yang-terlibat?page=all

Jayanty, N. (2019). Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Dengan Teknik Menggambar Siluet Pada Siswa Kelas V SD. Repository Universitas Negeri Jakarta, 4.

Kusumo. (2021, 09 08). Pengertian Animasi 2D dan 3D. Retrieved from milenialjoss.com: https://milenialjoss.com/pengertian-animasi-2d-dan-3d/

Pinem, W. (2020, 06 18). Perang Dunia II: Sejarah dan Penyebab Terjadinya Perang Dunia II. Retrieved from seniberpikir.com: https://www.seniberpikir.com/sejarah-terjadinya-perang-dunia-ii/

Prawiro, M. (2018, 01 02). Pengertian Animasi Komputer, Sejarah, Jenis, dan Prinsip-Prinsip Animasi. Retrieved from Maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-animasi.html

Salma. (2021, Juni 7). Studi Literatur: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya. Retrieved from deepublish: https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/

Septiana, T. (2021, 03 09). Perang Dunia 2: Sejarah, latar belakang, dan negara-negara yang terlibat. Retrieved from lifestyle.kontan.co.id: https://lifestyle.kontan.co.id/news/perang-dunia-2-sejarah-latar-belakang-dan-negara-negara-yang-terlibat

Walker, P. (2017, 05 01). Pengertian Genre Game Side Scrolling Game Tahapan Pembuatan Game. Retrieved from 123dok.com: https://text-id.123dok.com/document/ozlrp7plz-pengertian-genre-game-side-scrolling-game-tahapan-pembuatan-game.html

Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. 2017. Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. 2021. Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. 2019. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. 2021. City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. 2020. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. 2015. Efektivitas infografis sebagai pendukung

mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. 2012. Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. 2019. Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € OEbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. 2013. Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id