PENYUTRADARAAN FILM DOKUMENTER FEATURE BERTEMA PERJALANAN BIJI KOPI EXCELSA BERJUDUL: “ASISA WONOSALAM”

Adil Kuncoro Jati Feddes

Sari


Dalam tugas akhir ini, peran yang diambil penulis adalah sebagai seorang sutradara film dokumenter "Perjalanan biji kopi Excelsa Wonosalam dari hulu ke hilir". Film dokumenter ini menampilkan perjalanan biji Excelsa Wonosalam dari perkebunan dan bagaimana prosesnya hingga biji siap untuk dikonsumsi. Pembuatan tugas akhir ini dilakukan dengan tujuan yaitu penulis dapat menciptakan sebuah film dokumenter tentang perjalanan biji kopi Excelsa Wonosalam yang layak untuk ditonton dan dicintai masyarakat. Sutradara bertanggung jawab penuh atas pembuatan film, baik teknis, produksi maupun seluruh tim produksi. Dalam pendekatannya, penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu pengumpulan data dengan cara observasi langsung atau melalui sumber melalui wawancara dan penelitian kepustakaan. Data yang terkumpul akan digunakan sebagai penunjang dalam film sehingga dapat dihasilkan cuplikan dokumenter yang akurat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah treatment yang akan menjadi acuan bagi DOP dan editor dalam membuat sebuah film dokumenter tentang perjalanan biji Excelsa dari hulu ke hilir, dengan judul “Asisa Wonosalam”. Untuk pengembangan lebih lanjut, pembuat film dokumenter harus meningkatkan referensi film sehingga mereka memiliki ide untuk membuat film dokumenter yang lebih mendekati perasaan masyarakat.

Kata Kunci


Film dokumenter, Sutradara, Excelsa Wonosalam

Referensi


Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. 2017. Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. 2021. Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. 2019. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Marhaenanto, B., Soedibyo, D. W., & Farid, M. (2015). Penentuan Lama Sangrai Kopi Berdasarkan Variasi Derajat Sangrai Menggunakan Model Warna Rgb Pada Pengolahan Citra Digital (Digital Image Processing). Jurnal Agroteknologi, 9(02), 102-111.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. 2021. City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. 2020. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. 2019. A Conceptual Framework for Destination




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id