PEMBUATAN VIDEO KLIP SUMMER FALL SEBAGAI MEDIA DEBUT PEACHGUM

Bakti Kurniawan

Sari


Peneliti yang berperan sebagai sutradara dan memilih mengambil lagu summer fall ini juga karena di Universitas Dinamika belum ada yang mengambil genre lagu R&B, Hiphop. Hal ini menjadi perhatian serta tantangan tersendiri bagi peneliti untuk bisa membuat sebuah karya dengan genre lagu yang berbeda. Selain itu peneliti melihat banyaknya karya tugas akhir yang memilih lagu yang sudah banyak dikenal sebelumnya dan beberapa sudah diciptakan video klipnya. Tujuannya untuk menjadi pelopor pertama serta pengerak bagi perkembangan karya musik video di Universitas Dinamika terutama dengan mengambil lagu yang sudah penulis serta musisi rancang untuk debut dengan video ini dan agar kemunculan pertama keluarnya lagu ini dapat dikenal dengan pengemasan video klip yang menarik, berbeda, bermakna, dengan membuat pengemasannya lebih berwarna dengan adanya pengambilan gambar serta konsep dan pengemasan yang beralurkan funny berwarna namun bisa menyampaikan makna secara visual. Dalam proses pengelolaan data dalam pembuatan video klip ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi literatur.


Kata Kunci


video klip, genre lagu, R&B, Summer Fall, Peachgum

Referensi


Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id