PEMODELAN ENVIRONMENT FILM 3D ANIMASI FIKSI ILMIAH BERTEMA KEHIDUPAN IKAN DENGAN HABITAT BERBEDA BERBASIS TEKNIK “PRIMITIVE MODELING”.

Aloysius Seno Aji Pambudi

Sari


Dalam Tugas Akhir ini, penulis adalah seorang modeler yang menggunakan teknik “primitive
modeling” dengan fokus pada lingkungan. Pada pembuatan film animasi 3D fiksi ilmiah bertema kehidupan
ikan di habitat yang berbeda. Setelah proses pengembangan, judul "Dimidiate" akhirnya muncul melalui
keputusan bersama. Pada latar belakang ini, ide dan konsep penulis didasarkan pada berbagai jenis habitat
salt water dan fresh water, serta bentuk pada laboratorium. Tujuan penulis dalam tugas akhir ini adalah
membuat pemodelan lingkungan tiga dimensi yang akan membantu mendukung cerita film tentang
kehidupan ikan di habitat yang berbeda. Pemodelan itu sendiri nantinya akan bertanggung jawab untuk
semua aspek menciptakan model 3D yang memenuhi semua harapan. Misalnya, membuat karakter dan
lingkungan, mengatur animasi, pengaturan pencahayaan, camera blocking, dan sebagainya. Dengan
tercapainya semua akan menciptakan latar belakang film dan pemandangan yang baik. Metode penelitian
yang digunakan untuk membuat model 3D adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, studi literatur, dan studi kompetitor. Hasil dari tugas akhir ini adalah pemodelan
lingkungan 3D dari film “Dimidiate” dengan menggunakan teknik “Primitive Modeling”. Harapan dari
terselesaikannya film ini adalah menjadi salah satu bagian dari perkembangan film animasi di Indonesia
yang lebih baik dan semakin di akui oleh dunia.


Kata Kunci


Film Animasi, 3 dimensi, Habitat Berbeda, Primitive Modeling

Referensi


Webster, N. L. (2017). High poly to low poly

workflows for real-time. Journal of Visual

Communication in Medicine, 40(1), 40-47.

Mansur, A. D. (2013). Pembuatan Animasi 3D

menggunakan Teknik Primitive Modeling pada

Iklan Inuldeli Jogja. Yogyakarta: Sekolah Tinggi

Manajemen Informatika dan Komputer

AMIKOM.

Setiawan, D. (2016). Analisa dan Perancangan

D Candi Cetho Menggunakan Metode

Polygonal Modeling. Jurnal Ekonomi dan Teknik

Informatika, 5(9), 22-32.

Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id