Penyutradaraan Pada Pembuatan Film Dokumenter Bertema Lingga Yoni Sebagia Simbol Negara

Ovy Dwi Ananda Putra

Sari


Film dokumenter merupakan salah satu jenis berita yang merekam informasi dengan nyata dan tanpa unsur rekayasa. Film Dokumenter “Lingga Yoni” bercerita tentang patung yang memiliki kemiripan di Kabupaten Mojokerto. Lingga dan yoni sebenarnya merupakan sebuah sarana untuk disembah yang wujud patung lonjong dan di alaskan seperti pancoran air yang ciptakan oleh dewa siwa. Artefak lingga-yoni adalah budaya ditemukan bagian dari beragam jejak peradaban masyarakat Jawa timur. Artefak tersebut diciptakan dan bermakna bagi masyarakat Jawa timur lampau tentu juga bermakna bagi masyarakat Jawa timur. Sebagai lingga yoni simbol dari kesejahteraan dalam spiritual disebutkan lingga yoni mampu memberikan kesejahtraan umat manusia dalam kesucian yang artinya sejahtraan dan akan spiritual lingga yoni. Dari sudut lingga yoni garis pandang positivistik. Air hujan yang tertampung di ceruk lingga yoni pada zaman dahulu jadikan dasar mencari pertanda untuk hal-hal penting di masa depan. Pembuatan dalam proses pembuatan film dokumenter ini dilakukan berdasarkan 3 tahapan, yaitu Produksi, Pra Produksi, dan post Produksi. Laporan proyek akhir ini akan menguraikan dalam mengambilan gambar seperti sutradara

Kata Kunci


Film Dokumenter, Lingga yoni

Referensi


Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id