DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY PADA PEMBUATAN FILM DOKUMENTER BERJUDU; "THE HISTORY OF CHENG BENG CULTURE" BERBASIS TEKNIK ARC

Dary Haby Muammar

Sari


Upacara Cheng Beng atau dikenal sebagai “Chinmin” ialah salah satu tradisi yang sering dilaksanakan dengan masyarakat Tionghoa pada umunya. Tradisi tersebut diketahui sebagai upacara yang dapat mempererat tali silaturahim antar anggota keluarga dengan membersihkan makam pendahulunya di sebelum kunjungan. Pada pembuatan film dokumenter berjudul “The History of Cheng Beng Culture” peneliti akan menjelaskan tentang tradisi Cheng Beng tersebut yang sering dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengeksekusi scenario yang telah dibuat oleh Sutradara lalu menggambarkan scenario tersebut menjadi bentuk audio dan visual. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data berupa lokasi, wawancara hingga studi literatur.

Hasil yang diperoleh dari Tugas Akhir ini adalah implementasi hasil scenario yang telah dirancang Sutradara berupa film dokumenter beresolusi 1080p dengan 30fps yang menceritakan tradisi asli masyarakat etnis Tionghoa berjudul “The History of Cheng Beng Culture”. Saran yang dapat dikembangkan dari penelitian ini adalah untuk dapat memilih lensa yang tepat dengan fitur autofocus yang akurat dengan jenis lensa Sony EF 35mm.


Kata Kunci


Film Dokumenter, Cheng Beng, Director of Photography

Referensi


a. Buku

Brown, B. (2012). Cinematography Theory and Practice. Amsterdam: Focal Press.

b. Artikel Jurnal

Nofvlaminsyah, T. (2019). PERAN DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY DALAM PEMBUATAN VIDEO PROFIL NAGARI KUMANIS. From Istinarah: https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/istinarah/article/view/1521

c. Sumber Rujukan dari Website

Smith, W. R. (1901). Religion of the Semites. London: Adam and Charles Black.

Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id