Editing Film Animasi 3D Ilmiah Bertema Kehidupan Habitat Ikan yang Berbeda Berbasis Teknik Cutaway

Mochamad Taufik Darmawan

Sari


Abstrak: Peneliti sebagai editor pada pembuatan film animasi 3D ilmiah bertema kehidupan habitat ikan yang berbeda berjudul “Dimidiate”. Masalah yang diangkat pada film animasi ini yaitu mengenai pola kehidupan ikan yang memiliki habitatnya masing-masing. Tujuan yang ingin dicapai yaitu supaya dapat mengedukasi dan memberikan informasi kepada seluruh kalangan agar dapat memahami bahwa setiap ikan memiliki habitat tempat tinggalnya masing - masing. Penulis yang memiliki peran sebagai editor dalam pembuatan film animasi 3D ini bertanggung jawab pada segala aspek visual didalam pengeditan atau penyuntingan , dalam prosesnya editor melakukan editing dengan menerapkan teknik editing cutaway kemudian melakukan Compositing, Color grading, sound effect dan rendering. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi literatur dan studi kompetitor sehingga dapat menghasilkan data bersifat deskriptif. Dalam proses produksi film animasi 3D ada bebrapa tahapan yang dilalui yaitu pra produksi, proses ini meliputi ide storyline, sinopsis, skenario, storyboard, karakter. Tahap Produksi meliputi, modeling karakter dan environment, texturing, Animating. Tahap Pasca Produksi meliputi, editing, compositing, sound effect, color grading, rendering. Penulis sebagai editor dalam proses produks harus mampu berfikir kreatif dalam melakukan editing supaya hasil akhir yang produksi sesuai dengan skenario dan berkualitas. Peneliti sebagai editor berharap dapat menghasilkan film animasi 3D yang dapat memberikan kesan positif dan mengedukasi. Dalam penelitian ini masih terdapat banyak kekurangan dari pemilihan sound effect, color grading dan penataan shot, yang masih belum sempurna. Dengan ini peneliti berharap semoga kedepanya bisa menghasilkan karya lebih baik.


Kata Kunci


Editing, Film animasi 3D, Habitat ikan, Cutaway

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id