DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY DALAM PEMBUATAN FILM PENDEK BERGENRE DRAMA KOMEDI MENGGUNAKAN TEKNIK VISUAL COMEDY BERJUDUL “JARENE”
Sari
Tujuan dan keinginan yang dicapai pada produksi film ini adalah menghasilkan film pendek bergenre
drama komedi menggunakan teknik visual comedy. Pada Tugas Akhir ini, penulis mencoba mengimplementasikan
Visual Comedy. Diketahui bahwa pada film – film komedi di Indonesia saat ini kebanyakan menggunakan lisan
sebagai pemicu sebuah komedi. Dari lisan tersebut banyak menggunakan beberapa kata slang atau kata – kata kotor
untuk menimbulkan sebuah komedi. Dari masalah tersebut penulis mencoba membuat film Tugas Akhir
menggunakan Visual Comedy dengan meminimalisir penggunaan lisan untuk menimbulkan unsur komedi. Pada
penyusunan jurnal ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yaitu data berupa wawancara dan studi literatur.
Hal tersebut dipilih agar film pendek bergenre drama komedi dengan Teknik visual comedy ini dapat dipahami.
Dalam pembuatan film ini ditambahkan after credit scene agar penonton dapat memahami film dan juga memahami
secara dasar tentang visual Comedy. Keinginan yang ingin dicapai dari produksi film ini adalah menghasilkan film
pendek bergenre drama komedi dengan teknik Visual Comedy.
Kata Kunci : Film Pendek, Drama Komedi, Visual Comedy, Director of Photography
Teks Lengkap:
PDF 20-23Referensi
Daftar Pustaka
Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).
Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.
Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.
Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.
Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.
Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.
Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.
Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.
Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.
Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.
Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.
Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.
Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.
Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.
Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).
Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.
Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.
Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).
Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.
Anderson, W. (2019, June 8). Rowan
Atkinson’s Visual Comedy Techniques. Retrieved from SchoolWorkHelper: https://schoolworkhelper.net/rowan- atkinsons-visual-comedy-techniques/
Askurifai. (2003). Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung: Katarsis.
Bogdan, Robert, & Taylor. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
rBrown, B. (2012). Cinematography Theory And Practice: Image Making for Cinematographers and Directors (2nd ed.). Oxford: Focal Press. Retrieved from https://journals.telkomuniversity.ac.id/ demandia/article/download/2188/1193
ss. Effendy, H. (2009). Mari Membuat Film (Vol. 2). Jakarta: Erlangga.
Effendy, O. U. (2009). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. In O. U. Effendy, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi (pp. 211-216). Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Javandalasta. (2011). 5 Hari Mahir Bikin Film.
In Javandalasta, 5 Hari Mahir Bikin Film. Jakarta: Mumtaz Media.
LJ, M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rmaja Rosda Karya.
Mabruri, A. (2013). Manajemen Produksi Program Acara Televisi Format Acara Drama. In A. Mabruri, Manajemen Produksi Program Acara Televisi Format Acara Drama. Jakarta: Grasindo.
Puri Sulistiyawati, P., Ihya, D. I., & Ulumuddin. (2019, September 23). demandia.
ANALISIS KOMPONEN VISUAL DASAR SINEMATOGRAFI DALAM FILM LIVE ACTION “GREEN BOOK”, 173.
doi:https://doi.org/10.25124/demandia v4i2.2188
ddd.
Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia
Editorial Office:
Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id