PENCIPTAAN FILM 3D ANIMASI PENDEK TENTANG KARAKTER TOPENG MALANG BERGENRE ADVENTURE DENGAN TEKNIK STYLIZED

Agung Susetyo Widiyanto, Hardman Budiarjo, Novan Andrianto

Sari


Tujuan dari tugas akhir ini adalah menciptakan film 3D animasi bergenre adventure dengan teknik stylized tentang karakter Topeng Malang. Penciptaan animasi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat masyarakat terutama anak-anak terhadap Topeng Malangan terutama karakteristik dari setiap topeng. Topeng Malang adalah sebuah kesenian tradisional kuno dan menjadi aikon seni budaya kota Malang bahkan Provinsi Jawa Timur. Metode dalam penulisan ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, wawancara, dan observasi. Alur cerita dari film 3D animasi pendek ini menggunakan teknik stylized dan genre adventure yang dikombinasikan dengan beberapa topeng malang dan mempunyai karakter utama adalah anak-anak.Pembawaan topeng malang dalam bentuk visual 3D animasi menggunakan teknik stylized cenderung lebih kepada 3D kartun. Genre adventure yang terkenal dengan petualangan dan tantangan juga melengkapi jalan cerita tokoh utama.Hal ini penulis lakukan sebagai bentuk upaya untuk menarik minat masyarakat khususnya anak-anak untuk mengetahui informasi mengenai topeng malang khususnya karakteristik dari topeng tersebut.


Teks Lengkap:

PDF 14-19

Referensi


Daftar Pustaka

Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.

Armantono, & RB. (2011). Proses Penciptaan Film Pendek 'PeNSiun'. Dewa Ruci, 282-299.

Pramudia, R., apriyani, m. e., & Prasetyaningsih,

S. (2016). Analisis dan Implementasi Mel Script untuk Lighting dan Rendering pada Film Animasi 3D Robocube. Komputa, 27-34.

Pratama, W. (2014). GAME ADVENTURE MISTERI KOTAK PANDORA. Telematika, 13- 31.

D'Ammassa, D. (2008). Encyclopedia of Adventure Fiction Facts on File Library of World Literature. Infobase.

Aava, K. (2017, Desember 12). 80.lv. Retrieved from 80.lv : https://80.lv/articles/realistic-vs-stylized- technique-overview/

Ruslan, A. (2016). Animasi Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id